Mengenal Nabi Lebih Dekat

22 November 2014

Sekilas Tentang Rasulullah -Shalallahu 'alaihi wa sallam-

Nasab Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- :

Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bin Abdillah bin Abdil Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murroh bin Ka'b bin Lu-aiy bin Gholib bin Fihr bin Malik bin An Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nizar bin Ma'add bin 'Adnan. Dan 'Adnan adalah keturunan Nabi Isma'il bin Nabi Ibrahim –'alaihimassalaam-

Nama-nama beliau :

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memiliki beberapa nama, sebagaimana disebutkan dalam hadits-hadits yang shahih, di antaranya : Ahmad, Muhammad, Al Mahiy, Al Hasyir, Al 'Aqib, Nabiyyur Rahmah, Nabiyyut Taubah, Nabiyyul Malahim, Al Muqoffiy.

Adapun Toha dan Yasin, bukan merupakan nama-nama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, ia adalah nama salah satu surat dalam Al Quran layaknya Qof, Shod, dan lain-lain.

Imam Baihaqy berujar: "sebagian ulama ada yang menambahkan, padahal Allah menamakan Nabi-Nya dalam Al Quran dengan : Nabi, Rasul, Ummiy, Syahid, Mubasysyir, Nadzir, Da'iyan illahi bi idznihi, Siroj, Munir, Ro-uf, Rohim, Mudzakkir, dan Allah menjadikannya sebagai rahmat, nikmat dan Hadi"

Kelahiran Beliau:

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dilahirkan pada hari senin, bulan Rabi'ul awwal, tahun gajah. Para ulama berbeda pendapat tentang tanggal kelahiran beliau, ada yang mengatakan tanggal 2, 8, 10, dan 12. Dan perbedaan pendapat dalam masalah ini sangat kuat sehingga kita tidak bisa memastikan tanggal kelahiran beliau

 Wafatnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat pada hari senin, bulan Rabi'ul Awwal, tahun 11 Hijriyah. Ketika itu beliau berumur 63 tahun.

Dan para ulama juga berbeda pendapat dalam menentukan tanggal wafat beliau, sebagian mengatakan tanggal 10 sebagaimana pendapat Ibnu Hajar dan ulama lainnya, sebagian lagi mengatakan tanggal 12, dan ini merupakan pendapat mayoritas para ulama dan dipilih oleh Imam Nawawi, ada pula yang mengatakan tanggal 13, ini juga pendapat sebagaian para ulama, Allahu a'lam

Anak-anak beliau:

Rasulullah memiliki tujuh orang anak, tiga orang laki-laki dan empat orang perempuan. Seluruh anak beliau berasal dari Khadijah radhiyallahu'anha kecuali Ibrahim ia adalah anak dari Mariah Al Qibthiyyah radhiyallahu'anha

Laki-laki :
Qosim
Abdullah
Ibrahim

Perempuan :

Zainab (Menikah dengan Abul 'Ash bin Rabi' radhiyallahu 'anhu)

Ruqayyah (Menikah dengan 'Utsman bin 'Affan radhiyallahu 'anhu)

Ummu Kultsum (Menikah dengan 'Utsman radhiyallahu 'anhu setelah Ruqayyah meninggal)

Fathimah (Menikah dengan 'Ali bin Abu Thalib radhiyallahu 'anhu)

Dan urutan berdasarkan usia : Qosim, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fathimah, Abdullah, dan Ibrahim. Seluruhnya meninggal ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masih hidup kecuali Fathimah, ia meninggal 6 bulan setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat.

Istri-Istri Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (Ummahatul Mukminin) :

Khodijah binti Khuwailid
Saodah binti Zam'ah
'Aisyah binti Abu Bakar Ash Shiddiq
Hafshah binti 'Umar bin Khoththob
Zainab binti Khuzaimah
Ummu Salamah (Hindun) binti Abu Umayyah
Zainab binti Jahsy
Juwairiyyah binti Al Harits
Ummu Habibah (Ramlah) binti Abu Sufyan
Shafiyyah binti Huyay bin Ahthob
Maimunah binti Al Harits –Radhiyallahu 'An
Khadijah dan Zainab binti Khuzaimah meninggal ketika Rasululah shallallahu 'alaihi wasallam masih hidup.

Paman-paman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

Abdul Muthallib (kakek Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam) memiliki sebelas orang putra :Al Harits, Qutsam, Az Zubair, Hamzah, Al 'Abbas, Abu Tholib, Abu Lahab, Abdul Ka'bah, Hajl, Dhoror, Al Ghaidaq.
Dan yang masuk Islam di antara mereka adalah Al Abbas dan Hamzah.

Bibi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memiliki enam orang bibi, putri-putri dari Abdul Muththalib kakek beliau : Shofiyyah, ia masuk islam dan ikut berhijrah ke Madinah, 'Atikah, ada yang mengatakan ia juga masuk islam, Barroh, Arwa, Umaimah, dan Ummu Hakim.

Para penulis wahyu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam:

Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khottob, Ali bin Abi Tholib, Thalhah, Az Zubair, Ubay bin Ka'b, Zaid bin Tsabit, Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Muhammad bin Maslamah, Al Arqom bin Abil Arqom, Aban bin Sa'id bin Al 'Ash, saudaranya Kholid bin Sa'id, Tsabit bin Qois, Hanzholah bin Ar Robi', Kholid bin Walid, Abdullah bin Al Arqom, Abdullah bin Zaid bin Abdi Robbihi, Al 'Ala bin 'Uqbah, Al Mughiroh bin Syu'bah, Syurahbil bin Hasanah.
Dan yang paling banyak menulis wahyu di antara mereka adalah Zaid bin Tsabit dan Mu'awiyah bin Abi Sufyan Radhiyallahu 'anhum.

Demikianlah serba-serbi singkat tentang Rasulullah -shalallahu 'alaihi wa sallam- semoga bermanfaat. Allahu ta'ala A'lam, wa shallallahu wa sallam 'ala nabiyyina Muhammad wa 'ala alihi wa shahbihi ajma'in…

Referensi :
Tahdzibus Siroh An Nabawiyyah karya Imam Nawawi, di tahqiq oleh Kholid Asy Syayi'.

I'rif Nabiyyaka shallallahu 'alaihi wasallam karya DR. 'Adil Asy Syuddi dan DR. Ahmad Al Mazid

Muhammad Abbas,Lc  Alumnus Fakultas Hadits Universitas Islam Madinah

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip

Follow us on

Copyright © Jejak Nabi | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com