Mengenal Nabi Lebih Dekat

25 April 2013

SHALAWAT SESUAI SYARIAT

Oleh :Ust. Muhammad 'Abbas, Lc*

Makna Shalawat

Allah berfirman dalam Al Quran   :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya : "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya" ( QS. Al Ahzab : 56 )

Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya berkata :
   
والمقصود من هذه الآية: أن الله سبحانه أخبر عباده بمنزلة عبده ونبيه عنده في الملأ الأعلى، بأنه يثني عليه عند الملائكة المقربين، وأن الملائكة تصلي عليه. ثم أمر تعالى أهل العالم السفلي بالصلاة والتسليم عليه، ليجتمع الثناء عليه من أهل العالمين العلوي والسفلي جميعا.
"
 Maksud ayat ini adalah : Allah mengabarkan kepada hamba-hamba-Nya kedudukan hamba dan Nabi-Nya (Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam) di sisi-Nya di hadapan para malaikat. Bahwasanya Allah memuji beliau di hadapan para malaikat, dan para malaikat juga bershalawat kepada beliau. Kemudian Allah memerintahkan penghuni bumi untuk mengucapkan shalawat dan salam kepada beliau, agar segala pujian tercurahkan kepada beliau dari segenap penghuni langit dan bumi." ( Tafsir Ibnu Katsir : 6/475 )

Demikianlah salah satu bentuk penghormatan Allah kepada Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam.

Arti Shalawat Kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam

Dalam ayat di atas Allah mengabarkan kepada hamba-hamba-Nya bahwa Ia dan malaikat bershalawat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bershalawat kepada beliau, lalu apakah makna shalawat Allah dan malaikat kepada Rasul-Nya? Dan apa pula makna shalawat kita kepada beliau shallallahu 'alaihi wasallam?

Dalam kitab Shahih Al-Bukhari, Imam Al-Bukhari rahimahullah membuat sebuah bab khusus tentang ayat ini, dan dalam menafsirkan makna shalawat ia menukil perkataan Abul 'Aliyah rahimahullah seorang ulama di zaman tabi'in :

قال أبو العالية رحمه الله : صلاة الله : ثناؤه عليه عند الملائكة، وصلاة الملائكة الدعاء.

Abul 'Aliyah berkata, "Shalawat Allah berarti : pujian Allah kepada Rasul-Nya di hadapan para malaikat. Dan shalawat para malaikat berarti : doa kepadanya"

 Ada pula ulama yang menafsirkan shalawat dari Allah kepada Rasul-Nya berarti limpahan rahmat, sedangkan shalawat dari para malaikat berarti istighfar (permohonan ampun) untuk beliau.

Setelah menukil beberapa pendapat ulama tentang makna shalawat, Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolany rahimahullah berkata :

وأولى الأقوال ما تقدم عن أبي العالية أن معنى صلاة الله على نبيه ثناؤه عليه وتعظيمه وصلاة الملائكة وغيرهم عليه طلب ذلك له من الله تعالى.

"Pendapat yang paling tepat adalah pendapat Abul 'Aliyah di atas, bahwasanya makna shalawat Allah kepada Nabi-Nya berarti pujian dan pengagungan Allah kepada beliau, dan makna shalawat para malaikat dan selain mereka kepada beliau berarti memohon hal itu (pujian dan pengagungan,-pent) kepada Allah untuk beliau" (Fathul Bari : 11/156)

معنى الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم تعظيمه. فمعنى قولنا اللهم صل على محمد عظم محمدا والمراد تعظيمه في الدنيا بإعلاء ذكره وإظهار دينه وإبقاء شريعته وفي الآخرة بإجزال مثوبته وتشفيعه في أمته وإبداء فضيلته بالمقام المحمود وعلى هذا فالمراد بقوله تعالى صلوا عليه ادعوا ربكم بالصلاة عليه.

"Makna shalawat Allah kepada Nabi-Nya adalah pengagungan kepada beliau, sehingga makna ucapan kita "Allahumma shalli 'ala Muhammad" wahai Allah agungkanlah Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Maksudnya mengagungkan beliau di dunia dengan memuliakan beliau, menampakkan agamanya dan mengabadikan syariatnya, sedangkan di akhirat dengan memberikan beliau pahala yang besar, kewenangan untuk memberi syafaat kepada umatnya, dan menampakkan keutamaannya dengan Al-Maqom Al-Mahmud (memberi syafaat kepada seluruh manusia di padang mahsyar). Sehingga makna firman Allah "bershalawatlah kamu untuk Nabi" adalah berdoalah kalian kepada Allah agar Ia bershalawat kepada beliau shallallahu 'alaihi wasallam" (Fathul Bari : 11/156)

Selain bershalawat kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, Allah juga bershalawat kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, sebagaimana disebutkan dalam beberapa teks Al Quran dan hadits. Diantaranya sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang artinya,  "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali" (HR. Muslim)

Sedangkan makna shalawat Allah kepada selain Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, berarti rahmat Allah kepada mereka. Perbedaan makna ini menunjukkan kedudukan tinggi yang telah diberikan Allah kepada Rasul-Nya yang mulia shallallahu 'alaihi wasallam.

Dari uraian di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa shalawat Allah kepada Rasul-Nya berarti pujian dan pengagungan Allah kepada beliau, sedangkan shalawat para malaikat dan kaum muslimin kepada beliau berarti permohonan agar Allah senantiasa memuji dan mengagungkan beliau. Adapun shalawat Allah kepada selain Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berarti limpahan rahmat-Nya kepada mereka.

Wallahu a'lam, washallallahu 'ala nabiyyina muhammadin wa 'ala aalihi wa shohbihi wa sallam.

*Penulis merupakan alumnus Fakultas Hadits Universitas Islam Madinah

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip

Follow us on

Copyright © Jejak Nabi | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com